Toyota Naikkan Harga Mobil, Simak Faktor Pendorongnya

Toyota Astra Motor (TAM) melakukan revisi harga produknya mulai bulan Oktober 2018. Perubahan harga dilakukan pada sejumlah line up yang dapat dilihat detailnya pada situs resmi yaitu toyota.astra.co.id. TAM menaikkan harga pada empat produknya yakni Toyota Voxy, Toyota Rush, Toyota Calya, dan Toyota Agya.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor mengatakan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi harga. Baik dari faktor internal maupun eksternal. Penyesuaian harga ini didasari oleh penyesuaian faktor cost yang memang sudah direview dan disiapkan jauh-jauh hari dengan mempertimbangkan beberapa faktor, misalnya saja exchange rate, cost produksi, dan masih banyak lagi.

“Kenaikan yang kami lakukan ini tentu tetap mengedepankan customer sebagai pertimbangan utama. Jadi kenaikan ini bukan serta merta terjadi, tapi memang sudah dipertimbangkan secara matang,” katanya, Senin 1 Oktober 2018.

Toyota Voxy yang mengalami kenaikan kurang lebih Rp 4 juta, Toyota Rush mengalami kenaikan sekitar Rp 2,1 juta, Toyota Calya mengalami kenaikan kisaran Rp 1,6 juta dan Toyota Agya mengalami kenaikan kurang lebih Rp 1,6 juta.

“Kami lakukan (kenaikan harga) setelah melewati evaluasi biaya dengan seksama dan disertai dengan keinginan kami untuk memberikan harga terbaik kepada pelanggan Toyota di Indonesia,” ujarnya.

Menurut laman resmi Toyota, Voxy dipasarkan dengan harga mulai Rp 458,25 juta. Adapun Toyota Rush dijual dengan harga mulai Rp 242,15 juta menjadi Rp 263,55 juta. Kemudian Toyota Calya dibanderol mulai Rp 134,35 juta hingga Rp 154,7 juta. Selanjutnya, Toyota Agya dijual mulai harga Rp 135,15 juta hingga Rp 155,55 juta.